Tahukah kamu tentang green Economy?

HAI GENBIERS 😁😁

Sudahkah kamu tau tentang green Economy?

seperti yang kita ketahui, kondisi lingkungan telah banyak mengalami kerusakan baik karena faktor alam maupun akibat dari ekploitasi berlebih yang dilakukan manusia. Diperlukan tindakan untuk menanggulangi hal tersebut agar dampaknya tidak bertambah parah. Salah satunya melalui green conomy atau ekonomi hijau. 

apa yang di maksud dengan Green Economy?
Green Economy atau yang dikenal dengan Ekonomi Hijau merupakan kegiatan ekonomi
yang rendah karbon, efisien dalam pemakaian sumber daya alam untuk
mencegah rusaknya keanekaragaman hayati dan lingkungan. Green Economy adalah suatu gagasan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan. 

contoh green economi antara lain: Pengurangan Emisi Gas Buang Co2, Penganggulangan Efek rumah Kaca, Program Penghijauan, Program Industri ramah lingkungan, Pembangunan tanpa ekploitasi berlebih, mendorong pelaku ekonomi untuk untuk memproduksi atau mengkonsumsi produk-produk ataupun jasa yang lebih ramah lingkungan., dan lain-lain. 

mengapa green economy mesti di terapkan?
Pola hidup masyarakat yang sangat konsumtif membuat pemanfaatan SDA sangat berlebih menyebabkan ancaman terhadap lingkungan dimasa mendatang. Pertumbuhan produksi membantu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara tetapi pemanfaatan sumber daya alam yang berlebih kerap merusak lingkungan. Nah, 
Green ekonomi merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalahan antara pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan.  Ketidakseimbangan kerap terjadi diakibatkan pembangunan ekonomi yang cenderung mengarah pada ekploitasi sumber daya alam dan mengesampingkan kondisi lingkungan. Green economy bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mensejahterahkan masyarakat sekaligus menjaga kelestarian sumber daya alam agar pembangunan ekonomi terus berkelanjutan.

kebijakan BANK INDONESIA terhadap green economy
BANK INDONESIA pada dukungannya terhadap green economy dilaksanakan melalui dukungan kebijakan makroprudensial yang ramah terhadap lingkungan, antara lain kebijakan pembiayaan berwawasan lingkungan (green financing).
Post lainnya dari alfianizzah
...
Tahukah kamu tentang BI FAST ?
...
Tahukah kamu tentang green Economy?
...
BEASISWA UHO 2021
...
Beasiswa Bank Indonesia 2022 Universitas Halu Oleo
...
PENGUMUMAN BEASISWA BANK INDONESIA UNIVERSITAS HALU OLEO 2022