Tahukah kamu tentang BI FAST ?

Sebelumnya, sobat genbiers udah udah tau belum BI-FAST itu apa?


Jadi, BI-FAST atau Bank Indonesia Fast Payment merupakan metode transfer dana antarbank secara waktu nyata, cepat, dan murah. Kehadirannya ditujukan untuk menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia atau SKNBI. BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7).

Terus, keuntungan BI-FAST untuk nasabah emang apa aja sih?

Jawabannya, banyaaakkk banget!

Untuk diketahui, skema harga BI-Fast terhitung murah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Skema harga BI-Fast dari BI ke peserta ditetapkan Rp19 per transaksi, sementara dari peserta ke nasabah ditetapkan maksimal Rp2.500 per transaksi.

Selain itu, layanan BI-Fast juga akan memungkinkan nasabah melakukan transfer secara daring hanya melalui informasi nomor ponsel atau alamat email penerima, loh.

Gak hanya itu, BI juga menetapkan batas maksimal transfer lewat BI-Fast sebanyak Rp250 juta, sedangkan minimal transfer Rp1. BI-Fast juga lebih fleksibel dibandingkan sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS), yang menetapkan dana transfer Rp100 juta–Rp250 juta.

Lanjut lagi, keunggulan dari layanan BI-Fast adalah kecepatan waktu penyelesaian pembayaran, yakni hanya sekitar 25 detik. Dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat, menjadikan BI-Fast berbeda dengan model transaksi SKNBI, yang terbatas pada jam-jam tertentu untuk transaksi dalam jumlah besar.

Untuk sobat genbiers ketahui, layanan BI-Fast akan diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.

Keren banget kan, sobat genbiers! Semoga kedepannya kebijakan ini bisa ter

Post lainnya dari alfianizzah
...
Tahukah kamu tentang BI FAST ?
...
Tahukah kamu tentang green Economy?
...
BEASISWA UHO 2021
...
Beasiswa Bank Indonesia 2022 Universitas Halu Oleo
...
PENGUMUMAN BEASISWA BANK INDONESIA UNIVERSITAS HALU OLEO 2022